Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Minggu, 06 November 2016

Cara Menghilangkan Jerawat


Jerawat ketika telah menghinggapi diri seseorang, apalagi jika jerawat itu muncul di area sekitar wajah seorang gadis, maka pasti akan sangat merisaukan dan mengesalkan.  Sejumlah rencana yang sudah disusun rapi bisa berantakan, aktifitas rutin sehari-hari jadi terhambat, dan... bahkan bisa dibayangkan bagaimana dengan rencana untuk jalan-jalan bareng teman, dan apalagi dengan sang kekasih.   Sungguh sangat merisaukan.... Pada beberapa kasus jerawat dapat pula berpengaruh pada prestasi akademik, dan atau kinerja seseorang ditempat kerjanya, memaksa orang untuk menjauh dari pergaulan, bahkan memicu seseorang untuk mulai berbohong, mencari-cari alasan untuk menghidari pertemuan.

Nah kira-kira bagaimana menghilangkan jerawat ini...???
Cara yang paling efektif untuk menghindari atau mengurangi potensi terkena jerawat adalah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).  Namun.....jika jerawat sudah muncul diwajah anda dan mengganggu, dibawah ini saya coba urai beberapa jenis bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membantu anda mengobati dan menghilangkan jerawat.  Dimana cara pengobatan dengan bahan alami ini telah digunakan secara turun temurun oleh Masyarakat Nusantara, sehingga saya yakin anda tidak akan kesulitan untuk menerapkannya.   Bahan-bahan Alami tersebut adalah :
#Kentang


Kentang (Solanum tuberosum) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dikonsumsi oleh manusia.  Kentang kaya akan kandungan sulfur, kalium, klorida dan fosfor yang sangat baik untuk wajah dan dapat menyembuhkan jerawat yang membandel. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.


Cara pemakaian :
Parut 1 buah kentang kemudian gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air kemudian diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.


#Daun Mint
Mint (Mentha) merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Eropa, Asia, Afrika, Australia dan Amerika Utara dan sering digunakan sebagai bahan pencampur pada makanan, minuman, pasta gigi, dan permen.   Mint memiliki kandungan mentol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri, seperti rasa nyeri yang biasa ditimbulkan oleh jerawat.   Mint memang tidak bisa menyembuhkan jerawat secara total, namun bisa membantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah dan juga dapat meredakan pembengkakan yang diakibatkan jerawat.

Cara pemakaian :
Hancurkan terlebih dahulu daun mint menggunakan blender atau bisa ditumbuk sendiri. Setalah itu oleskan pada wajah seperti menggunakan lulur, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin, dan lakukan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

#Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang sering kita jumpai tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Nama pepaya diambil dari Bahasa Belanda, "papaja", dalam Bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam Bahasa Sunda "gedang".  Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang dapat berfungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus.

Cara pemakaian :
Sediakan 1 buah pepaya kemudian hancurkan hingga halus, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dan bersihkan wajah dengan air hangat.

#Lidah Buaya

Lidah buaya yang banyak dipakai untuk rambut ini ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat membandel. Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi.
Cara Pemakaian :
Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dahulu. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya, usahakan untuk tetap bersih dari getahnya karena dapat mengakibatkan gatal di kulit. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.
#Madu dan Susu/Yogurt

Susu dan yogurt memiliki khasiat yang bagus untuk kulit bahkan rahasia kecantikan ratu cleopatra adalah sering mandi menggunakan susu.


Cara pemakaian :
Campur 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, oleskan berkali-kali hingga menebal kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air bersih.

#Pasta Kulit Jeruk

Vitamin C pada kulit jeruk memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat, selain itu kulit jeruk juga memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.

Cara pemakaian :
Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

#Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau flek hitam bekas jerawat.

Cara pemakaian :
Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

#Cuka Apel

Cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk wajah yakni dapat menyeimbangkan PH serta mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka apel boisa jadi salah satu obat ampuh dalam mengatasi jerawat.  Untuk lebih mudah memperoleh Cuka Apel bisa di beli langsung di toko atau supermarket terdekat.

Cara pemakaian :
Sebelum memakai cuka apel usahakan untuk membersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Kemudian oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih dan gunakan pelembab jika kulit terasa kering.

#Kulit Pisang

Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga memiliki fungsi yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat.

Cara pemakaian :
Siapkan kulit pisang jenis apa saja, kemudian gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan diamkan dengan air bersih.

#Kayu manis dan Madu

Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.


Cara pemakaian :
Bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu keringkan. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

jerwat

Demikian beberapa contoh bahan alami serta cara pakainya untuk membantu anda mengobati dan menghilangkan jerawat.   Namun demikian, saya tetap menganjurkan anda untuk berkonsultasi dengan pihak yang lebih berkompoten dan proesional ketika jerawat itu sudah sangat mengganggu anda.  Apa yang saya uraikan ini adalah alternatif yang paling mungkin anda dapat lakukan secara sendiri.

0 komentar :

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © KUMPULAN TIPS DAN RESEP | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com